Bisnis dan Keuangan

Simak Cara Mudah Mengikuti Lelang Online

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti lelang online? Saat ini, masyarakat masih membutuhkan proses jual beli timbangan atau jasa dengan penawaran harga tertinggi. Nyatanya, aktivitas ini mula-mula memberikan harga terendah kepada penawar, dan kemudian seiring waktu, penawar lain akan bersaing dengan harga yang lebih tinggi.

Perkembangan teknologi memungkinkan siapa saja untuk ikut serta dalam penawaran. Bahkan mereka yang tinggal jauh bisa menawar. Penawaran daring menjadi tren baru yang menarik perhatian orang. Selain tidak harus bepergian jauh, Anda bahkan bisa memantau harga yang ditawarkan penawar. Untuk dapat mengikuti penawaran daring, Anda dapat mengikuti beberapa langkah umum berikut ini.

  • Membuat Akun dengan Mengisi Data Diri Anda

Anda harus mendaftar akun dengan mengisi nama lengkap, email, nomor ponsel, dan password, kemudian aktivasi akun melalui email. Identitas diri ini sangat penting dalam kegiatan penawaran daring. Pastikan Anda tidak salah mengisi data agar mempermudah Anda saat mengurus administrasi tahap selanjutnya.

  • Pilih Barang yang Anda Inginkan

Setelah Anda memiliki akun, masuk ke aplikasi atau laman resmi penawaran daring. Kemudian Anda tinggal memilih benda yang ingin Anda beli di beranda. Anda dapat mengurutkan berdasarkan kategori benda atau kantor cabang yang tersedia. Pastikan Anda mengetahui jadwal penawaran daring dari barang yang Anda inginkan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengecek detail barang melalui aplikasi atau laman resmi penawaran daring.

  • Klik Mengikuti Penawaran Daring

Setelah itu, klik di bagian kesediaan Anda untuk mengikuti lelang online. Jangan lupa untuk centang status keikutsertaan dengan memilih salah satu opsi dari “saya mengikuti untuk diri saya sendiri atau “saya mengikuti atas kuasa dari badan hukum”.

  • Melengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Lengkapi dokumen yang disyaratkan dalam pengumuman penawaran. Kemudian centang pada pernyataan bahwa Anda bersedia mengikuti lelang online serta telah membaca sekaligus menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya klik “ikut lelang online ini”.

  • Menyetorkan Deposit

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyetorkan deposit penawaran sesuai dengan instruksi pembayaran yang diberikan. Anda dapat menyetorkan deposit via transfer melalui virtual account yang telah ditentukan. Nomor virtual account ini dapat dilihat setelah Anda melengkapi identitas diri dan menyelesaikan proses pembuatan akun.

  • Menunggu Proses Verifikasi

Selanjutnya Anda tinggal menunggu petugas penawaran daring memverifikasi setoran sebelum mengajukan penawaran. Proses ini dilakukan karena virtual account memiliki identitas khusus untuk setiap transaksi.

Sesuai ketentuan yang berlaku, peserta penawaran yang lolos penawaran tertinggi melebihi nilai batas akan disahkan sebagai pembeli oleh juru penawaran. Namun, jika ada penawaran tertinggi yang sama, verifikasi ditentukan berdasarkan kecepatan penawaran (yaitu, kecepatan penerimaan pertama oleh petugas penawaran). Seperti halnya penawaran lainnya, penawar yang memenangkan penawaran atau diakui sebagai pembeli oleh petugas penawaran berkewajiban untuk membayar.

Jika pembayaran tidak dilakukan sesuai dengan syarat dan tenggat waktu, petugas penawaran akan membatalkan persetujuan pembeli. Pembeli tidak diperbolehkan mengambil barang yang dibeli sebelum pembayaran. Anda dapat meminta barang penawaran dengan mengunjungi kantor lembaga penyelenggara penawaran daring. Tujuannya untuk meminta petikan kwitansi pelunasan dan berita acara. Kemudian menukarkan petikan tersebut dengan barang yang sudah dibeli dari penjual.

Lelang online merupakan terobosan baru dalam dunia penawaran. Penawar bisa menawar kapanpun dan dimanapun, jadi tidak perlu menawar. Selain itu, kondisi barang yang dicek terlebih dahulu tentunya tidak akan mengecewakan penawar. Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *