Kesehatan

Ketahui Aturan Pajak Impor Vaksin Covid di Indonesia

Vaksin Flu Sebabkan Anak Terinfeksi Corona, Mitos atau Fakta?

Sejak akhir tahun 2019 silam, dunia termasuk Indonesia sedang dihebohkan dengan hadirnya sebuah virus yang sangat ganas dan sangat mengkhawatirkan setiap masyarakat. Virus ini yang awalnya berasal dari Wuhan, China kini telah menyebar dengan begitu cepatnya di dunia. Di Indonesia sendiri angka kematian akibat virus corona ini sangatlah tinggi.

Bukan karena dampak virus corona yang mengkhawatirkan, tetapi waktu penyebaran virus ini yang menjadi suatu hal yang sangat meresahkan. Sebab waktu dan cara penyebarannya sangatlah cepat sehingga angka konfirmasi positif covid 19 di Indonesia sangatlah tinggi. Dalam sehari angka konfirmasi positif corona bisa mencapai ribuan orang per harinya, hal ini pastinya menjadi tugas yang sangat berat bagi pemerintah.

Oleh karena itu sejak hadirnya virus ini di Indonesia, para dokter dan peneliti terus melakukan penelitian terkait vaksin yang dapat mengatasi virus yang satu ini. Di penghujung tahun 2020 ini, akhirnya vaksin covid sudah ditemukan dan telah melalui proses uji coba pada binatang dan juga pada manusia. Sejauh ini hasil penelitian menunjukkan sebuah hal yang positif.

Bahkan vaksin yang telah diteliti dan diuji cobakan kini telah masuk ke tahap produksi massal yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara gratis. Hal ini sebagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan dan melindungi seluruh warga negara dari virus yang sangat mematikan ini. Sebab apabila kondisi pandemi ini terus dibiarkan maka akan semakin merugikan seluruh lini kehidupan.

Dalam pembuatan vaksin terkait virus corona ini, ada beberapa bahan dan juga fasilitas fiskal terkait pembuatan vaksin ini yang harus diambil atau di impor dari luar negeri. Hal ini tentunya tidak masalah jika demi kepentingan seluruh masyarakat Indonesia. Lantas bagaimana aturan pajak terkait impor vaksin yang berasal dari luar negeri? Bagaimana peraturan dan landasan mengenai hal tersebut?

Peraturan Tentang Vaksin Covid-19 di Indonesia

Tiba di Indonesia, Vaksin Corona Sinovac Disimpan di Bandung

Pembuatan vaksin tidak dilakukan oleh sembarang orang atau kelompok, pembuatan vaksin harus memiliki izin dan di bawah pantauan pemerintah dan juga BPOM sehingga itu dalam masalah perpajakan juga telah diatur dan dikelola dengan baik oleh pemerintah. Berikut ini penjelas terkait pajak impor vaksin covid dari negara lain, simak penjelasannya dengan baik agar kamu mampu memahami informasi tersebut.

Sebagai sebuah kebijakan dari pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 188/PMK.04/2020 yang menegaskan bahwa tidak dipungut pajak apapun dalam hal impor vaksin baik itu mengimpor vaksin ataupun bahan pembuatan vaksin. Lantas apa saja yang dibebaskan oleh pemerintah?

Bebas Bea Cukai

Dalam peraturan yang telah dikeluarkan oleh menteri keuangan tersebut menyebutkan bahwa pemerintah menyatakan bahwa pengimpor vaksin ataupun bahan vaksin akan dibebaskan dari bea cukai.

Bebas Pajak Pertambahan Nilai

Selain bebas dari pajak bea cukai, ternyata kegiatan impor vaksin dari luar negeri juga dibebaskan dari pajak pertambahan nilai. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan pajak ketika kelompok sedang melakukan penelitian untuk kepentingan vaksin corona ini.

Bebas Pajak Penghasilan

Sebenarnya dalam melakukan pengimporan barang dari luar maka akan dikenakan 3 buah jenis pajak, seperti pajak bea cukai, pajak pertambahan nilai, dan juga pajak penghasilan. Namun dengan hadirnya aturan PMK tersebut sehingga pihak pengimpor vaksin dari luar tidak akan dikenakan pajak penghasilan, bahkan jika vaksin tersebut diperjual belikan.

Demikianlah informasi mengenai pajak melakukan impor vaksin covid ataupun bahan pembuatan vaksin yang berasal dari luar negeri. Bila Anda penasaran dengan kandungan dari vaksin ini, maka kamu bisa menanyakannya pada dokter-dokter ahli yang ada di Halodoc. Sebuah aplikasi dan situs kesehatan yang menyediakan berbagai layanan kesehatan termasuk dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *